Minggu, 30 Desember 2007

Bhutto

Berita kematian Mohtarma Benazir Bhutto, mantan Perdana Menteri Pakistan dlm insiden bom bunuh diri beberapa hari lalu sgt mengejutkan semua orang. Sampai saat ini berita mengenai penyebab kematiannya masih simpang siur.

Beliau merupakan salah satu dari tokoh "Berani Gagal"

Ia memiliki keunikan yg dpat dibanggakan dgn menjadi perdana menteri pertama dlm sejarah Pakistan yg telah dilantik dua kali dgn mandat yg diperoleh dari pemilu yg demokratis.

Dari bulan Juli 1977 hingga 1988 ia berjuang tanpa henti utk mengembalikan sistem demokrasi di negaranya. Ia ditangkap sembilan kali dan ditahan atau dipenjarakan selama lebih dari lima setengah tahun.

Setelah mengalami pengalaman hukuman gantung hingga mati terhadap bapaknya pada bulan April 1979 dan kematian adik lelakinya yg penuh misteri, ia sendiri dibuang ke luar negeri. Ia menjadi lambang pemulihan demokrasi di Pakistan dari bilik penjara.

Ia menjadi perdana menteri wanita pertama di kalangan negara-negara Islam, dan perdana menteri pertama yg telah diasingkan dua kali.

10 komentar:

Anonim mengatakan...

iya wa.venny jg sedih bgt dngr bhutto udah ga ada. politik emang kejam ya....

Anonim mengatakan...

wah bagus tuh "berani gagal"
tapi kwe punya moto, mungkin semua orang udah tau yah n juga motonya itu seperti judul buku yaitu "Differntie or Die"

More Information mengatakan...

kadang2 seorang pejuang meninggal dulu baru dikenang orang2 akan prestasi kerjanya..

Eitsss... Tahan Dulu... mengatakan...

saatnya wanita lain bisa unjuk gigi untuk buktikan diri.

Suryanty R. mengatakan...

kasihan ya.tapi semangat Bhutto perlu kita contoh.tapi moga2 aja nasib kita tidak seperti dia.

Anonim mengatakan...

kegagalan adlh sebuah proses, yg membawa kita menuju keberhasilan.
segala sesuatu hrs terus dicoba,jgn menyerah gt aja, hey masi byk kesempatan.

feni mengatakan...

iya sedih bgt dengar calon presiden mati di bunuh.tapi yang pasti semangat seorang bhutto harus menjadi teladan bagi kita semua karena pada zaman ini wanita setara dengan laki2.emansipasi bohhhhh
balasan g buat komentar lu ke blog g adalah
iya sih seorang wanita harus menjadi diri sendiri. jangan meniru orang lain karena dengan begitu wanita hanya menjadi orang lain.kita hanya melihat seorang sosok lain dalam diri dia.

Lily mengatakan...

duh salut d buat dy, sapa si yg ga sedi dgrny, tp apa bole buat, dy sudah mengambil resiko mencalonkan diri n nekat kampanye di daerah rawan yg byk terdapat gedung2 tinggi disekitarnya.. so, gampang buat pengincar untuk mengincarnya

Evi mengatakan...

segala sesuatu hrslah di coba dulu walaupun nantinya gagal jg.tp melalui kegagalan itu kita akn lbh lg meningkatkan kemanpuan kita. para penemu seperti thomas alvaedison jg mengalami kegagalan. jd mengapa tdk utk kita bila kita nantinya jg gagal. tapiu saya yakin kalo kita berusaha pst jg akan berhasil kok haheeee...!!

Ena mengatakan...

bhutto emank keren abiz, dia gak mampu buktikan kalo wanita juga mampu menjadi seorang wanita mampu menjadi pemimpin, walapun dia belum jadi seorang presiden.. salut bgt buat dia. kisah klrganya jg menyedihkan.