Rabu, 28 November 2007

Anda Berani Gagal?

Setiap orang pernah mengalami kegagalan. Mulai dari kecil, kita belajar berjalan saja mengalami berkali-kali kegagalan sampai pada akhirnya dapat berjalan dengan lancar. Kita semua belajar dari kegagalan untuk dapat mencapai suatu hasil yang memuaskan.

Kebanyakan dari kita sering mencemooh orang yang gagal. Kegagalan dianggap tabu. Orang sukses dipuja, sedangkan orang gagal disisihkan. Kita telah sampai pada tahap dimana "seseorang tidak boleh melakukan kesalahan." Benarkah orang yang gagal tidak memiliki nilai?

Sebenarnya kegagalan itu hal yang lumrah, tinggal bagaimana kita menyikapi kegagalan itu saja. Yang seharusnya kita lakukan adalah bangkit dari kegagalan kita itu. Seseorang yang tidak berani bangkit dari kegagalan berarti dia menutup diri untuk maju. Orang seperti itu akan tetap diam di tempat dan menjadi orang gagal selamanya.

Beberapa tokoh terkenal dunia dan usahawan sukses sebenarnya dulu adalah orang yang pernah mengalami kegagalan, tapi mereka bangkit dari kegagalan itu, dan........jadilah mereka seperti sekarang ini (sukses).

Saya mengajak Anda membaca buku BERANI GAGAL (DARE TO FAIL), karya Billi Lim, seorang motivator hebat asal Malaysia. Buku ini mengupas "sisi lain" suatu kisah sukses. Berisi kisah kegagalan tokoh terkenal dunia dan usahawan yang dulunya gagal menjadi terkenal dan sukses seperti sekarang ini.

Keberanian terbesar di dunia adalah berani gagal!

"Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya cuma 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya."~Soichiro Honda

"Saya lebih banyak belajar dari kesalahan daripada kesuksesan."~Sir Humphry Davy

"Kegagalan adalah peluang untuk memulai lebih pintar."~Henry Ford

"Perjuangan itu kesempatan."~Napoleon Hill

"Kepuasan terletak pada usaha, bukan pada hasil. Usaha dengan keras adalah kemenangan yang hakiki."~Mahatma Gandhi

"Sebenarnya saya tidak tua, hanya saja dilahirkan lebih awal dari orang lain."~Tun Abdul Ghaffar Baba, Mantan wakil perdana menteri Malaysia

"Orang bangkrut bukanlah orang yang tidak punya satu rupiah di dompet, tetapi tidak punya impian baru."~Martin Luther King Junior

Jika Anda punya komentar mengenai kegagalan, silahkan di-add di blog ini.

24 komentar:

WT mengatakan...

saya tidak akan terlalu mengagungkan para tokoh2 terkenal tersebut baik yang mengalaminya ataupun yang hanya NATO.

menurut saya, kita semua adalah tokoh2 sukses juga. mengapa? karena kita semuanya bukan besar dan dewasa begitu saja tetapi seperti kata anda, melalui bayi yang penuh dengan pembelajaran.

kita akan benar2 gagal apabila kita selalu mengacu dan melihat kegagalan dan kesuksesan dari orang lain, guru yang paling pintar dan berharga adalah diri kita sendiri, pengalaman2 kita.

so, love ourselves!!

aloha! mengatakan...

Yah, memang benar kita semua adalh org sukses krn telah melalui tahap pembelajaran sejak kecil. Tapi, yang ingin saya tekankan disini adalah tahap kita setelah menginjak dewasa. Kita dihadapkan pada situasi untuk mempertimbangkan masa depan kita. Disini, kita akan mencoba segala peluang untuk memulai bisnis kita sendiri dan tidak tergantung dengan org lain(ortu). Nah, disinilah letak "Anda berani gagal" atau "tidak" dalam mencoba segala kemungkinan yg akan terjadi dengan bisnis anda kelak. Kalau anda berani, berarti anda mempunyai peluang untuk sukses jika anda terus berusaha. Kalau Anda tidak berani, maka Anda akn menjadi orang gagal selamanya krn takut utk menerima perubahan.

aloha! mengatakan...

sebagai manusia kita emang harus belajar dari kegagalan karena gagal adalah awal dari kesuksesan. moga kita semua kelak bisa jadi orang-orang yang sukses.

Anonim mengatakan...

Menurut saya, setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya kegagalan. kita harus berani menerima dan mengalami kegagalan. karena, tanpa kegagalan itu. kita bisa melihat kekurangan yang masih ada pada diri kita sendiri. Klau, orang gak pernah ngalami kegagalan. Orang tersebut, tidak akan mau mencari / meningkatkan cara hidup yg lbh baik lagi.
Justru, dengan adanya kegagalan. membuat / memacu seseorang untuk mencari tau sebabnya dan berusaha untuk melakukan yang lebih baik aja.
Suatu kegagalan, jangan kita buat sebagai alasan untuk tidak maju dan mengalami suatu keputusasaan. Justru, kita harus banyak melatih diri kita melakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan.
Karena di dunia ini, gak ada orang yang gagal, cuma ada orang yang malas, untuk mengembangkan dirinya lebih baik lagi.
Kuncinya : Kita harus berpikiran "POSITIVE" dalam hidup kita, maka kita akan mendapatkan yang terbaik dalam hidup kita. Selain itu, kita harus percaya diri dan bertanggung jawab di dalam setiap yang kita lakukan dalam hidup kita.
Kita, harus mengucap syukur sama Tuhan. Karena kita manusia di beri akal budi untuk berpikir. Sudah banyak contoh orang yang kelihatan gak mampu, tapi dia berhasil dari orang lain. Karena dia mau mencoba melakukan yg lbh baik lagi dalam hidupnya.
Do The Best, Komitmen, Jujur & menerima perubahan dalam hidup.
Sekian pendapat dari saya, jika ada kata yang salah.
maafkan saya. Tuhan Memberkahti. ^ o ^

Anonim mengatakan...

Hmm dare to fail..
saya sangat setuju setiap kita harus berani mencoba hal2 baru dalam hdp.Terutama hal2 yg positiv tentunya

Menurut saya, untuk mempunyai spirit seperti ini dibutuhkan IMAN yang tangguh!Kita butuh iman untuk melangkah,setuju?
Keyakinan bahwa keberhasilan/kesuksesan akan menjadi milik kita, itulah yang membuat kita terus melangkah MAJU No matter what.

Klo kita ngomong IMAN berarti ini menyangkut khidupan kita dgn Tuhan.Nah apakah kita punya hubungan yg baik dgn Tuhan? sadar ga apa yg kita jlni ini sangat2 bergantung pd Tuhan? Dia toh yg memelihara kita, Dia jg yg menentukan kita sukses or nga. We need a God's factor to WIN.
Soo you can say...
We dare to fail because we walk with God n we hav a BIG faith in Him that He can help us to win as a conquer!

Just 1 thing that u can dare for anything, Hav a GOOD Relationship with your God, for He is your SOURCE to CONQUER!

Met jadi OUTSTANDING PERSON ya..
God bless you all.. ^^

Anonim mengatakan...

GAGAL
waaaa 1 kata yg bisa dibilang bisa ada 2 kemungkinan tu.
1. klo kita positive thingking, gagal bisa buat kita bangkit lagi.ikutin pribahasa aj.
kegagalan awal dari kesuksesan hehehe.
2.klo negativ thinking.itu susa.pasti pikiran kita bakal kemana2.mikir yg nga2.itu yg bt kita putus asa akhirnya ga bangkit lagi de.

Padahal God pasti kasi kita talenta yg kita harus kembangin.klo karena gagal aj kita da "down" kita kecewain God dunk.
jd klo kt dpt masalah yg bt kita gagal jgn kecewa n putus asa.ada 1 rencana God yg arus kita jalanin.dari masalah itu kita bisa pelajari.n pasti kita dapat suatu pelajaran dari sana.

Dari ap yg kita jalanin harus selalu kita max untuk God...

Don't tell you'r God how big your problems but tell you'r problem u hav a big God....
God bless.....

Anonim mengatakan...

Kegagalan adalah guru yang paling berharga dalam hidup kita.
Karena dia mengajari kita supaya menjadi,
Lebih Baik, Lebih Hati-hati, dan Lebih Siap dan Tanggap.

Jadi kenapa mesti takut akan kegagalan!?.

Wandy mengatakan...

Kita memang gak boleh takut untuk gagal.
Kegagalan itukan sukses yang tertunda.
Kita harus belajar dari kegagalan kita agar dapat menjadi lebih baik lagi.
Inilah yang namanya belajar.

Novita mengatakan...

Nikmatilah setiap kegagalan sebagai perjalanan menuju kesuksesan

Lina (kuasaimemorianda) mengatakan...

stp org sll takut mendengar kt kegagalan tp bg sy selalu ada hikmah yg tersembunyi dlm setiap kgglan

Nury mengatakan...

Kalo menurut nu, justru kegagalan itu membuat kita belajar untuk mencapai kesuksesan..kegagalan bukanlah sarana untuk dicemooh, tapi bagaimana kita harus menyikapinya dengan positif..orang yang sudah pernah akan mencapai kesuksesan yang lebih berarti dibanding mereka yang tidak pernah mencicipinya..
CiaYou!!!

cewek mengatakan...

Yup, Qta jangan pernah menyerah pada kegagalan. coz, itu bisa membuat qta2 tahan banting n lebih kuat untuk menjalani hidup... ^-^

Cerpen_Wendy mengatakan...

Di dalam hidup ini memang ada keberhasilan dan kegagalan. Jika kita mau berani, kita harus siap dengan kegagalan. Karena orang yang takut gagal akan tidak berani mencoba n yang tidak berani mencoba tidak akan berhasil.

Anonim mengatakan...

Terimakasih atas komentar kalian smua. Saya senang, ternyata kalian semua memberikan respons yg positif terhadap "kegagalan" krn kegagalan merupakan awal pembelajaran utk menjadi lebih baik lagi utk kedepannya.

aloha! mengatakan...

Terimakasih atas komentar kalian smua. Saya senang, ternyata kalian semua memberikan respons yg positif terhadap "kegagalan" krn kegagalan merupakan awal pembelajaran utk menjadi lebih baik lagi utk kedepannya.

anita mengatakan...

Anda berani gagal ? Tentu saja berani,karena kegagalan bagiku atas proses menuju kesuksesan.Dengan gagal kita mempelajari kesalahan dan kelemahan sendiri dan memperbaikinya.

Membuat Tempat Kerja Feel At Home mengatakan...

"Gagal adalah sukses yg tertunda "
so, jadikan kegagalan untuk mencapai kesuksesan yang lebih. ok !!!!!

Ellissa mengatakan...

bener... semua org pasti pernah gagal... jadi..ok2aja..

Silvester Rudianto mengatakan...

wow, ne blog keren abis. gw juga setuju klo kita berani bahkan harus gagal karena tanpa kegagalan kita tidak bisa membedakan apakah kita sukses ato ga. Thomas Alfa Edison aj gagal menemukan lampu sebanyak 13.000 kali bru dia menemukan lampu yg kita gunakan setiap hari. jadi klo mau sukses ya mesti gagal. Orang sukses adalah orang yang bertahan lebih lama dari setiap kegagalan yang dilalui.

thedy mengatakan...

dengan artikel u aku jadi berani gagal tapi gak boleh keterusan eh

lamhot mengatakan...

gagal merupakan awal dari keberhasilan.tiada orang yang berhasil tanpa gagal diawal.apakah anda sendiri pernah mengalami kegagalan?yang setelah anda menerima hasilnya baru anda menyadari bahwa anda berawal dari kegagalan.

Soediono mengatakan...

yup. saya sudah pernah makan banyak sekali gagal dan kekalahan.
yang bisa berdiri di puncak setelah semuanya, maka Andalah Pemenangnya

liz_loveness mengatakan...

byk org gara2 tkt gagal so mrk jd tkt utk mencoba. so tq ya buat info yg membangun....kl org2 pd ngebaca, pasti lu bs ngerubah cr panbdang org jd positif ^_^

Bela Diri: Pertahanan & Kesehatan mengatakan...

gagal memang bukan alasan buat berusaha lagi. justru kegagalan lah yang membuat kuta terus mencoba. teruslah mencoba, karena banyak yang akan kita temukan dai pembelajaran kita